Setiap perusahaan pasti melakukan proses marketing. Proses inilah
yang menjadikan barang dari produsen bisa sampai ke tangan konsumen.
Perlu adanya strategi khusus dalam menjalankan proses ini. Fokus
kegiatan ini adalah konsumen. Pelayanan konsumen diperhatikan sebaik
mungkin demi mencapai keberhasilan marketing. Strategi yang biasa
digunakan adalah marketing mix.
Strategi marketing mix biasa
disebut dengan bauran pemasaran. Strategi ini merupakan perpaduan dari
faktor-faktor penting yang ada di dalam pasar itu sendiri. Faktor-faktor
tersebut terbagi menjadi 7, yaitu product (produk), price (harga), promotion (promosi), place (tempat), people (orang), process (proses), dan physical evidence (fasilitas fisik). Ketujuh faktor ini wajib diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran.
Related Article : Langkah Kerja Marketing untuk Memaksimalkan Hasil
Produk merupakan objek dalam pemasaran. Terjualnya produk inilah yang
akan memberikan penghasilan dan selanjutnya menentukan keuntungan
perusahaan. Produk sendiri dapat berupa barang maupun jasa. Kualitas
produk harus sangat diperhatikan dalam proses pemasaran ini. Kualitas
produk akan mempengaruhi daya tarik konsumen, sehingga besar pengaruhnya
di dalam marketing.
Price
atau harga juga harus sangat diperhatikan. Jangan sampai harga yang
ditawarkan melebihi harga pasaran pada umumnya. Hal ini tentunya akan
membuat konsumen enggan menggunakan produk kita. Penawaran harga yang
terlalu rendah juga bukan merupakan strategi yang baik. Hal ini
disebabkan dapat memberikan kerugian bagi perusahaan. Oleh karena itu,
perlu dilakukan pengamatan harga terlebih dahulu sebelum produk masuk ke
pasar
Related Article : Marketing adalah Kunci Pokok Keberhasilan Bisnis
Promosi adalah salah satu bentuk pengenalan produk kepada konsumen.
Proses promosi ini dapat berupa publikasi, atau dapat juga berupa bonus
yang diberikan kepada konsumen. Publikasi dapat melalui media elektronik
(televisi, radio, internet), poster, pamflet, baliho, dan masih banyak
lagi. Bonus sendiri dapat berupa diskon, voucher, garansi produk, dan
lain sebagainya.
Konsumen biasanya akan lebih tertarik dengan adanya penawaran bonus. Pemberian bonus sebaiknya diikuti syarat-syarat tertentu. Hal ini untuk menghindari kerugian perusahaan. Syarat dapat berupa batas waktu pemberian bonus, atau mungkin bonus bisa diperoleh jika konsumen melakukan pembelian dalam jumlah yang ditentukan perusahaan.
Related Article : Cara Marketing Membuat Produknya Laris Dalam Waktu Sekejap
Place atau tempat, tentukan lokasi yang tepat untuk
dilakukan pemasaran. Strategi ini meliputi cara mengirimkan atau
menyalurkan produk kepada konsumen. Mengingat tujuan utama pemasaran
adalah sampainya produk ke tangan konsumen, jadi faktor ini sangat perlu
untuk diperhatikan dalam marketing mix. Produk harus sampai di tangan konsumen dalam waktu dan tempat yang tepat. Sehingga place juga dapat diartikan sebagai saluran distribusi.
People atau orang ini terdiri dari konsumen dan karyawan perusahaan yang ikut terlibat. Perlu diperhatikan karyawan mana saja yang akan dilibatkan dalam proses ini. Karyawan harus diberikan bekal ilmu demi keberhasilan marketing. Tentukan sasaran konsumen yang akan ditawarkan produk. Jangan sampai melakukan penawaran kepada konsumen yang sudah jelas tidak mungkin menggunakan produk tersebut.
Related Article : Bisnis adalah Soal Proses dan Strategi
Proses,
dalam hal ini dikhususkan pada proses manajemen. Strategi dalam
manajemen perlu untuk diperhatikan. Keputusan dalam manajemen inilah
yang akan menentukan keberhasilan marketing. Manajemen harus
diperhatikan sedemikian rupa agar tiap-tiap elemen dapat bekerja sesuai
manajemen operasinya. Tingkatkan manajemen terhadap layanan konsumen.
Hal ini akan besar pengaruhnya terhadap hasil pemasaran.
Physical Evidence atau fasilitas fisik. Fasilitas yang
digunakan untuk melayani konsumen sangat perlu untuk diperhatikan. Tidak
hanya fasilitas yang terlihat, namun juga yang tidak terlihat.
Fasilitas inilah yang akan mendukung bagaimana produk bisa sampai ke
tangan konsumen dengan tepat.
Related Article : Mengapa Kepuasan Pelanggan adalah Strategi Terbaik
Setelah mengetahui ketujuh faktor tersebut, hendaknya dapat menjadi
pertimbangan saat membuat strategi marketing. Penggunaan strategi marketing mix
ini sering digunakan dalam proses marketing, karena ketujuh faktor
dalam strategi tersebut saling berhubungan dan mewakili faktor-faktor
yang ada di pasar. Oleh sebab itu, banyak perusahaan menggunakan
strategi ini untuk memperoleh keuntungan yang maksimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar