Macam-Macam Strategi Pemasaran -
Dalam melakukan kegiatan pemasaran, perusahaan harus mempunyai sebuah
strategi sebelum melakukan kegiatan pemasaran tersebut. Strategi
pemasaran terdiri dari bermacam-macam strategi yang mungkin saja berbeda
penggunaannya antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Namun tujuan semua sama yaitu untuk meningkatkan penjualan dan menghasilkan laba yang maksimal.
Gambar Macam-Macam Strategi Pemasaran |
Pengertian strategi pemasaran ialah merupakan suatu proses seleksi pasar yang ditarget, penentuan posisi bersaing dan pengmbangan suatu bauran pemasaran yang efektif untuk mencapai serta melayani konsumen yang telah ditarget.
Menurut Assauri (2008 : 163), strategi pemasaran dapat klasifikasikan menjadi tiga macam sebagai berikut :
1. Strategi pemasaran - Tidak membeda-bedakan pasar atau Undifferentiated marketing
Strategi
pemasaran jenis ini, perusahaan tidak membeda-bedakan konsumen
berdasarkan suatu kriteria khusus, jadi perusahaan memenuhi kebutuhan
konsumen secara umum tanpa membeda-bedakan.
Strategi
pemasaran seperti ini bertujuan untuk melakukan penjualan produk secara
massal. Perusahaan memfokuskan perhatiannya kepada seluruh kebutuhan
konsumen-konsumennya. Keuntungan bagi perusahaan dalam menggunakan
strategi pemasaran ini ialah perusahaan dapat mengefisienkan biaya dan
kelemahannya ialah perusahaan akan mengalami persaigan sengit dengan
dari perusahaan lainnya yang menggunakan strategi pemasaran seperti ini
juga.
2. Strategi pemasaran - Membeda-bedakan pasar atau Differentiated marketing
Strategi
pemasaran seperti ini, perusahaan melakukan pengklasifikasian konsumen
berdasarkan suatu kriterta terntentu, jadi perusahaan akan memproduksi
dan memasarkan produk yang bervariasi dan berbeda-beda untuk setiap
kelompok konsumen yang telah diklasifikasi sebelumnya (segmen pasar)
berdasarkan kebutuhan dan keinginan setiap kelompok konsumen tersebut.
Strategi
pemasaran seperti ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan kelompok
konsumen yang telah dikelompokkan terhadap produk yang telah diproduksi
dan dipasarkan. Dengan penggunaan strategi pemasaran ini, perusahaan
berharap akan bisa meningkatkan penjualannya diberbagaikan kelompok
konsumen (segmen pasar) dan kelemahan strategi pemasaran ini ialah
perusahaan berpotensi mengeluarkan biaya yang lebih tinggi dikarenakan
memproduksi produk yang bervariasi pada kelompok konsumen yang
berbeda-beda.
3. Strategi pemasaran - Pasar terkonsentrasi atau Concentrated Marketing
Strategi
pemasaran seperti ini, perusahaan memfokuskan pemasaran produknya dalam
beberapa kelompok konsumen dengan mempertimbangkan keterbatasan
sumberdaya perusahaan, jadi perusahaan memfokuskan produknya secara
spesifik sesuai dengan kebutuhan serta keinginan kelompok konsumen yang
telah terfokus.
Baca juga : Mengapa Strategi dan Perencanaan di Dalam Bisnis Itu Penting?Strategi pemasaran seperti ini bertujuan supaya perusahaan dapat fokus memproduksi suatu produk terhadap konsumen yang telah difokuskan sehingga perusahaan dapat memaksimalkan produk tersebut. Keuntungan penggunaan strategi pemasaran ini ialah bersar kemungkinan perusahaan bisa mendapatkan posisi yang kuat terhadap kelompok konsumen yang telah difokuskan karena perusahaan tersebut telah memfokuskan produknya secara maksimal dan kelemahan strategi pemasaran ini ialah perusahaan akan menghadapi risiko yang besar jika cuma bergantung pada beberapa kelompok konsumen tertentu saja. Semoga bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar