MENETAPKAN PASAR SASARAN
Setiap perusahaan pada saat awal
memproduksi barang selalu dalam jumlah tebatas, maksudnya guna menjajaki pasar,
guna menghindari resiko kerugian, perusahaan selalu memperhitungkan volume
produksinya. Namun, jika produksinya mampu bersaing dan disukai pasar, maka
stategi pemasaran selanjutnya adalah melakukan kegiatan produksi, distribusi
dan komunikasi masal.
Langkah
ini adalah langkah awal dari kegiatan segmentasi pasar menghadapi persaingan
PENTINGNYA
SEGMENTASI PASAR.
pengertian
segmenntasi pasar sebagai suatu strategi perushaan tidak semata dialkukan
dengan cara membedakaan produkbahkan menyediakan produk baru (product
diversification)teatapi didasarkan kepada pembedaaan minat dan kebuttuhan
konsumen. Segmentasi pasar adalah pembagian suatu pasar yang bersifat heterogen
kedalam satuan satuan pembeli yang homogen. Setiap satuan pembeli yang homogeny
dijadikan sasaran pasar yang dicapai dengan marketing mix tersendiri.
Kegiatan
segmentasi pasar dilakukan dengan maksud dan tujuan sebagai berikut :
·
Pasar mudah dibedakan
Agar produk mudah diterima maka harus sesui dengan selera konsumen.
Dengan menggunakan segmentasi maka pasar lebih mudajh dibedakan dengan kelompok
kelompok lain.
·
Pelayanan kepada pembeli
menjadi lebih baik
4 hal penting yang selalu
diinginkan konsumen yaitu kualitas
barang yang bagus, harga yang terjangkau, pelayanan yang memuaskan, ketetapan
waktu segmentasi pasarharus dapat dilakukan agar dapat memberikan pelayanan yang
mengarah pada pasarnya.
·
Starategi pemasaran jadi
lebih mengarah
Dengan melayani konsumen yang sifatnmya homogen maka strategi
pemasran yang dijalankan dapat lebih mengarah dalam menyususun marketing mix
yang meliputi perancangan produk, harga distribusi dan promosinya sehingga
lebih tajam. Dengan melakukan segmentasi pasar maka dapat membantu pihat
manajemen dalam hal mengarahkan dana dan usaha kea rah potensial yang paling
menguntungkan karena pasar sasarannya jelas, serta dapat merancang produk yang
dapat memenuhi keinginan pasar juga cara cara promosi yang paling tepat.
KRITERIA SEGEMENTASI PASAR
Jumlah konsumen Sangat banyak dan tersebar, selera berubah dengan
cepat, selain itu banyak pesaing karena perusahaan mencari posisi yang sangat
menguntungkan dalam melayani konsumen
dengan cara mengidentifikasi segmen yang paling menarik sehingga dapat melayani
dengan efektif.
PEMASARAN MASAL
Deitandai dengan memproduksi, mendistribusikan dan
mempromosikansecara masal kepada semua konsumen. Produk yang dipasarkan tinggal
dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan semua keinginan konsumen serta dapat
menghemat biaya.
PEMASARAN PRODUK TERDIFERENSIASI
Strategi dilakukan perusahaan unuk mencoba mengidentifikasi
kelompok kelompok pembeli tertentu dengan cara membagi pasar dalam 2 kelompok
kelompok segmen atau lebih lalu ditawarkan jenis produk yang berbeda. Pembeda
tersebut misalkan kualitas, ukuran, model, dsb.
PEMASARAN SASARAN
Perusahaan hanya memusatkan usahanya hanya pada satu /beberapa
kelompok segmen pasar tertentu. Strategi ini dilakukan karena tingkat
persaingan yang sangat tinggi.
Philip khotler menyatakan bahwa strategi diferensiasi dapat dilakukan melalui:
v Produk, meliputi fitur, performen, desain dll
v Service , meliputi kecepatan, kemudahan, dilivery time, empati dll
v Saluran ditribusi, meliputi bentuk saluran ditribusi, kemampuan
penjualan dll
v Sumber daya manuasi meliputi buday kerja, skill, dll
v Citra perusahaan meliputi merk, logo, asosiasi karakter, dll
Ahli marketing lainya Rosabeth Moss Kanter menjelaskan bahwa upaya
diferensiasi produk
dapat dilakukan dengan 3 aset utama, yaitu
a.
|
Concept
:
|
kemampuan
perusahaan dalam menghasilkan ide dan inovasi karena adanya upaya inovasi
berkelanjutan
|
B
|
Copetence:
|
Kemampuan
melakukan proses pemberian nilai tambah kepada pelanggan dengan menghasilkan
standar kopetensi yang semakin meningkat.
|
c
|
Conection:
|
Kemampuan
dalam menjalin kerja sama dengan patner/ asosiasi.
|
Hermawan
kertajaya ahli marketing indonesia dalam bukunya memenangkan persaingan denagan
segitiga positionong-diferensiasi-brand menjelaskan bahwa terdapat 3
syarat dalam melakukan diferensiasi
yakni :
a. Diferensiasi harus memberikan nilai tambah yang tinggi
keapada pelanggan.
b. Diferensiasi harus merupakan keunggulan dari pesaing
c. Diferensiasi harus memiliki keunikan
Hermawan kertajaya dalam bukunya dengan gaya khas
tulisanya menyarankan 4 staf untuk membangun diferensiasi produk
Tahap 1
|
Lakukan STP
|
Tahap 2
|
Dari positioning tesebut analisa
dengan baik sumber sumber diferensiasi yang memungkinkan, baik yang menjadi basis
diferensiasi maupun yang memiliki potensi untuk menjadi basis diferensiasi di
masa yang akan datang.
|
Tahap 3
|
Uji diferensiasi anda apakah
sustantiable atau tidak
|
Tahap 4
|
Komunikasikan diferensiasi anda
|
|
|
Berikut beberapa kriterian untuk mengkomunikasikan diferensiasi
anda :
a. Simple
b. Meaningfull
c. Focus
Diferensiasi yang telah dimiliki harus selalu dipelihara dengan
cara :
a. Focus
Dalam hal melakukan diferesiasi haruslah
terfokus kepada core / inti diferensiasi
b. Consistensi
Untuk mempertahankan diferensiasi haruslah
konsisten dalam artian tidak membingungkan konsumen
c. Inovasi selalu
Agar tidak terpelihara diferensiasi yang telah
dilakukan maka diferensiasi selanjutnya harus selalu dilakukan.
LANGKAH LANGKAH SEGMENTASI PASAR
Tahapan sistematis dalam melakukan pemasaran
sasaran adalah sebagai berikut :
o Segmentasi pasar, yakni tindakan sebuah pasar kedalam kelompok
kelompok konsumen yang berbeda yang diperkirakan membutuhkan produk. Dalam hal
ini perusahaan mengidentifikasi cara cara yang berbeda untuk membagi pasar
menjadi segmen segmen, mengembangkan segmen segmen pasar yang menguntungkan,
dan mengevaluasi daya tariknya.
o Pentargetan pasar , yaitu tindakan mengevaluasi dan menyeleksi satu
atau beberapa segmen yang akan dipilih
o Penetapan pasar, yakni tindakan menciptakan suatu penetapan produk
yang kompetitif diantara produk sainganya. Dalam hal ini yang dimaksud dengan
penetapan target passar adalah penpatan produk pada alam pikiran dan benak
konsumen. Apabila persepsi tentang produk sudah ada di benak konsumen , maka
disat diperlukan produk tersebut itulah diutamakan.
Dari tahpan tersebut diatas, dalam kegiatan
segmentasi harus melakukan identivikasi tentang strategi segmnetasi yang akan
digunakan dan mengembangkan profil setiap segmen. Setelah segmentasi pasar
dilakukan, perusahaan siap memasuki langkah ke 3 yaitu menetapkan sasaran pasar
( target pasar) yaitu sekelompok konsumen yang dijadikan pasar sasaranya dengan
mengembangkan metode penilaian atas daya tarik segmen serta memiliki segmen. Serta
memilih segmen mana yang akan dimasuki. Pada tahap ini perlu juga perusahaan
mengidentifikasi kemungkinanan penetapan produk ke masing masing segmen dan
menentukan penempatan produk yang dipilih (produk positioning). Secara teori
gambaran tentang pengelompokan konsumen melalui kegiatan segmnetasi pasar
adalah sebagai berikut.
PEMBAGIAN PASAR
1. Geografis
Membagi segmen pasar secara geografis artinya
pengelompokan didasarkan atas tempat, lokasi, dan daerahnya. Dengan demikian
segmentasinya dapat dikembangkan menjadi beberapa bagian sebagai berikut:
·
Wilayah
Dalam hal ini dapat berbentuk negara, negara bagian, provinsi pulau
: jawa, sumatra, kalimantan, sulawesi dan NTT.
·
Daerah kepadatan penduduk
Segmentasi dilihat dari jumlah kepadatan penduduk deperti, jakarta,
semarang , surabaya dan kotbar lainya yang dijadikan target market setelah
melakukan segmentasi
·
Iklim
Segmentasi didasrkan atas iklim daerahnya : tropis, subtropis,
sedang, dingin
2. Demografis
Adalah berkaitan dengan masalah kependudukan.
Bentuk segmentasi yang dapat dilakukan antara lain
·
Umur
·
Jenis kelamin
·
Besar keluarga
·
Tipe keluarga
·
Siklus hidup keluarga
·
Pendapatan
·
Pekerjaan
·
Pendidikan
·
Kepemilikan rumah
·
Agama
·
Ras kebangsaan
3. Psikografis
Adalah berdasarkan atas ciri ciri
kepribadiannya. Untuk itu segmentasinya dapat berdasarkan :
Gaya hidup
Kelas sosial
Kepribadian
PASAR SASARAN
1. Ukuran segmen
2. Pertumbuhan segmen
3. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mencapai segmen
a. Pesaing segmen yang sudah ada seblumnya
b. Pendatang baru
c. Produk pengganti
d. Meningkantya kemampuan menawar pembali
e. Meningkatnya kemampuan menawar penyedia
POSISI PASAR
1. Costumer
2. Company
3. Competitor
4. Change
·
Identivikasi target segmen
yang relavan
·
Merumuskan poin of poin
diverentiation
·
Menetapkan keunggulan
kompetitif
·
Repositioning pasar
ü Reaksi atas posisi baru pesaing
ü Menggapai pasar baru
ü Menangkap trand baru
Ahli marketing indonesia hermawan kertajaya
memberikan nasihat dalam mengkomunikasikan positioningnya :
o Be smart
o Simpelcity
o Consistent yet flexible
o Own, dominate, protect
o Use their laguange
Dengan demikian inti kegiatan pemasaran produk dan jasa adalah
menciptakan nilai pelanggan lebih besar dibanding dengan nilai yang diciptakan
pesaingnya.
Dari seluruh pembahasan tenang segmentasi pasar, pasar sasaran dan
posisi pasar tersebut pada dasarnya terdapat kriteria antara 3 permasalahan
pokok yakni pada genap mana produk tersebut akan diposisikan, diferensiasi
produk dan merk / brand apa yang digunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar